Iklan

Fakta Dan Mitos Tentang Air Putih

Fakta Dan Mitos Tentang Air Putih
Air adalah kebutuhan paling utama setiap manusia, orang bisa menahan lapar akan tetapi sangatlah sulit untuk menahan haus. Minum air putih bebas dari kalori atau bebas dari lemak, dengan minum air putih kita bisa
mendapatkan asupan cairan harian, daripada meneguk air yang tinggi kalori seperti air kemasan yang banyak beredar di pasaran. Banyak sekali manfaat akan air buat tubuh kita, antara lain juga buat kesehatan kulit, orang yang kurang minum air putih akan tampak kulitnya kering dan tidak segar, itu cuma salah satunya, sebenarnya masih banyak lagi akan manfaat dan kegunaan air. Tetapi dalam bahasan kali ini akan mengulas antara mitos dan fakta seputar air. Banyak sekali mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang air dan khasiatnya. Berikut seputar mitos dan fakta air: 


Mitos :  Diharuskan minum 8 gelas sehari.
Fakta :  Pada umumnya, jumlah yang direkomendasikan sekitar 6 - 8 gelas atau 2 - 2,5 liter perhari. Tetapi, jumlah ini bisa lebih banyak lagi bila sehari-hari Anda berada di daerah panas atau pun daerah dingin, misal ruangan ber -AC.

Mitos :  Apabila kurang minum akan mengakibatkan pusing.
Fakta :  Salah satu gejala dehidrasi adalah pusing atau sakit kepala. Oleh karena itu, ketika Anda merasa sakit kepala, sebelum memutuskan minum obat pereda sakit kepala, cobalah perbanyak minum hingga sakit kepala hilang.

Mitos :  Semakin banyak air putih, akan semakin sehat tubuh kita.
Fakta :  Terlalu banyak minum air putih justru berpotensi mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh, serta akan menimbulkan keracunan air (hyponatraemia). Bila kandungan air dalam darah berlebihan, kadar garam akan menurun dan berdampak pada fungsi otot, jantung, dan otak.

Mitos :  Banyak minum air akan cepat membantu diet, tubuh kita akan langsing.
Fakta : Mitos ini sangat dipercaya dan muncul dikarenakan air tidak berkalori, bebas lemak, ataupun rendah natrium.




 
Share This :