Iklan

Pola Makan Dan Asupan Yang Harus Dikurangi Untuk Penderita Ginjal

Pola Makan Dan Asupan Yang Harus Dikurangi Untuk  Penderita Ginjal
bahan makanan
Siapa yang mau dengan suatu penyakit, sangat dipastikan semua orang menolak. Mereka ingin sehat dan selalu berharap tidak terjangkit satu penyakit, namun ini semua dikembalikan pada individu masing-masing bagaimana gaya hidup mereka, itu yang sangat mempengaruhi. Namun tidak perlu dikuatirkan bagi yang sudah terkena satu penyakit salah satunya Ginjal. Bagi penderita ini haruslah mengatur poal makan yang sangat wajib harus dilakukan untuk mengurangi atau mencegah terbentuknya kembali batu ginjal. Di bawah ini adalah pola makan yang disarankan dan apa yang harus dikurangi, sehingga penderita merasa terjaga dan teatp  nyaman menjalani hidup meskipun sudah terkena ginjal.

Perbanyak Makan Serat Tidak Larut
Kenapa harus perbanyak makanan serat tidak larut karena bisa mengurangi kadar kalsium dalam urin, di mana serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal. Makanan itu adalah gandum, padi dan terigu.

Perbanyak Minum Air Putih
Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2.5 liter sehari, sehingga air yang diminum harus melebihi jumlah yang dikelaurkan. Dengan banyak minum air putih akan membuat batu ginjal lebih mudah luruh disaat buang air kecil.

Perbanyak Protein Nabati
Tiap hari semua orang pasti akan mengkonsumsi protein nabati maupun hewani. Namun bagi penderita batu ginjal sangat disarankan untuk menganti protein hewani dengan protein nabati, karena protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral di urin untuk membentuk batu ginjal.

Kurangi Konsumsi Vitamin C
Metabolisme vitamin C adalah asam oksalat, di mana asam oksalat bisa membentuk kristal,maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

Kurangi Konsumsi Garam
Membatasi konsumsi garam natrium dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan lewat ginjal. Oleh karena itu, jika yang terbentuk adalah kalsium, maka konsumsi garam natrium sebaiknya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari.

Kurangi Kalsium
Pada situasi kondisi tertentu kalsium berlebih misalnya hipercalciuria akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin. Untuk itu penderita disarankan  membatasi asupan kalsium maksimal 800 mg/hari untuk pria dan untuk wanita 1.200 mg/hari. kalsium banyak terdapat pada sayuran hijau, susu dan berbagai produk olahan berbahan susu.

Membatasi Asam Oksalat
Oksalat dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Oleh karena itu penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang mengandunng asam oksalat diantaranya adalah cokelat, biji-bijian, bayam, stroberi dan teh, yang lebih utama perlu diperhatikan pula yaitu untuk membatasi konsumsi asam oksalat tidak melebihi dari 50 mg/hari.
Share This :