Iklan

Tips Mengemudi Saat Hujan

Tips Mengemudi Saat Hujan
Musim hujan akan segera tiba, yang pastinya jalanan akan basah karna diguyur hujan. Hal ini menghimbau buat para pengendara motor untuk berhati-hati di jalan, karena hujan permukaan jalan tidak kelihatan tergenang air bahkan juga licin. Karena hal tersebut pengendara perlu berhati-hati agar perjalanannya lancar, yang paling utama adalah keselamatan baik pengemudi maupun penumpang yang dibawanya. Maka dari itu ada kiat-kiat khusus bagi pengemudi saat melalui jalan yang diguyur hujan ataupun seusai hujan. Inilah tips agar selamat dalam berkendara saat hujan, paling tidak yang harus diperhatikan antara laain adalah:

Mengemudi saat hujan sebaiknya tidak memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Dikwatirkan, kendaraan menjadi kurang stabil apalagi saat direm karena medan jalan basah yang bisa membuat kendaraan tergelincir. Demikian juga saat mengurangi kecepatan atau mengerem mobil, diusahan agar tidak secara mendadak.

Saat jalan baru diguyur hujan, pada saat itu partikel-partikel yang ada di jalan seperti minyak bisa membuat jalanan menjadi licin. Bila menghadapi genangan, usahakan agar kecepatan mobil dikurangi untuk menghindari ban terapung oleh air yang bisa membuat kemudi tidak stabil.

Saat hujan juga biasanya pandangan akan lebih terbatas apalagi saat hujan deras, disaat itu akan turun embun. Maka dari itu, pengemudi perlu menyalakan lampu kabut dan untuk menghindari terbatasnya pandangan ke jalan, pengemudi bisa mengikuti jalur sesuai kendaraan di depannya serta sinar lampu merahnya yang benderang.

Apabila pengemudi telah keluar mobol saat hujan, sehingga alas kakinya basah keringkan dahulu alas kaki tersebut karena dikwatirkan membuat licin saat menginjak pedal gas, rem, maupun pedal kopling.

Jika perjalanan tidak mendesak, sebaiknya tunggu hingga hujan reda. Dan apabila jika hujan turun sangat deras, sebaiknya pengemudi menghentikan kendaraan sejenak agar perjalanan lancar kembali setelah hujan.
Share This :