Iklan

Belimbing Wuluh Dan Manfaat Buat Kesehatan Tubuh

Belimbing Wuluh Dan Manfaat Buat Kesehatan Tubuh

Belimbing
                                  wuluh 

Untuk   Kesehatan   Tubuh

Pohon belimbing wuluh kadang terabaikan tubuh dipekarangan rumah, bahkan tumbuh secara liar. Kadang dibiarkan begitu saja tidak terawat, pohon belimbing wuluh pada mula berasal dari Maluku dan dikembangbiakan sehingga sampai kedaerah-daerah lain, pohon belimbing wuluh ini kuat terhadap sinar matahari dan sebenarnya cara penanamannya sangat mudah tidak memerlukan waktu dan perawatan yang ekstra. Pohon ini bisa mencapai pada ketingian kurang lebih 15 m. Rantingnya tidak terlalu besar bahkan cenderung kecil, kulit pohonnya kasar dan berbenjol-benjol, serta mempunyai jumlah cabang yang sedikit. Daunnya tersusun dalam bentuk ganda, berbentuk kecil, termasuk majemuk, menyirip dan berjumlah ganjil. Ukuran daun 2-10 cm x 1-3 cm. Buah belimbing wuluh berasa asam, tetapi siapa sangka daun dan buah yang tidak begitu banyak disukai orang ini kaya akan manfaat buat kesehatan tubuh kita, sebagi obat tradisional mencegah sekaligus mengobati penyakit, mungkin rasanya juga akan beda dengan obat kedokteran yang sudah secara instan bisa diminum begitu saja, daun dan buah ini harus diolah terlebih dahulu, namun khasiatnya tidak jauh beda dengan obat-obatan yang sudah beredar.


Apa saja manfaat daun dan buah belimbing wuluh:
Untuk Mengobati Penyakit diabetes
Cara pengolahan menjadi obat, ambil 5 buah belimbing wuluh, kemudian ditumbuk halus, setelah ditumbuk direbus sampai mendidih, saring terlebih dahulu dan masukkan ke dalam gelas, akan lebih enak jika diminum selagi hangat.

Untuk Mengobati Penyakit Reumatik
Cara pengolahan menjadi obat:
100 lembar daun belimbing wuluh, dicuci
100 gram daun belimbing wuluh muda, dicuci
15 biji cengkeh
20 biji merica
Semua bahan di atas ditumbuk, kemudian ditambahkan dengan air kapur sirih, yang kemudian dioles pada bagian yang sakit.

Untuk Mengobati Penyakit darah Tinggi
Cara pengolahan menjadi menjadi obat:
5 buah belimbing wuluh potong kecil-kecil, rebus dengan 4 gelas air. Rebus sampai air tersisa kurang lebih 1 gelas, diminum sebelum makan pagi.

Untuk Mengobati Sakit Gigi 
Ambil 5 buah belimbing wuluh tumbuk kasar, kemudian dikasih garam, kunyah dan usakan pada bagian gigi yang berasa sakit, kunyah terus sampai rasa sakit hilang.

Untuk Mengobati Gondongan
Cara pengolahan menjadi obat:
Ambil 100 lembar daun belimbing wuluh
3 buah bawang putih
kedua bahan di atas kemudian ditumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada yang sakit atau yang terkena gondongan.

Untuk Mengobati Sakit Batuk
Cara pengolahan menjadi obat:
20 lembar daun belimbing wuluh
20 buah belimbing wuluh
Kedua bahan di atas rebus dalam air sampai mendidih, kemudian ambil airnya, minum sealgi hangat, lakukan 2 x sehari pagi dan sore hari.

Untuk Mengobati Jerawat
Cara pengolahan menjadi obat:
Ambil 5 buah belimbing wuluh, tumbuk halus, setelah halus tambahkan garam campur rata, gunakan pada muka seperti mengunakan bedak. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, bersihkan dengan air hangat.

Untuk Mengobati Panu
Cara pengolahan menjadi obat:
Ambil 10 buah belimbing wuluh digiling halus tambahkan kapur sirih sebesar kelereng, campur, kemudian gosokan pada bagian yang terkena penyakit panu. Lakukan pagi dan sore sebelum mandi.

 
Share This :