Iklan

5 Tips Untuk Menghindari Anak Dari Obesitas Sejak Dini

5 Tips Untuk Menghindari Anak Dari Obesitas Sejak Dini
Obesitas sangat perlu dihindari dan diarahkan sejak dini agar anak bisa terhindar dari berbagai penyakit, dan anak bisa tumbuh dengan sehat dan seimbang. Obesitas cenderung beresiko pada serangan jantung, diabetes dan kanker. Penyakit-penyakit tersebut pasti menakutkan dan menghantui setaip individu, maka dari itu upayakan untuk hidup sehat sejak dini dengan menghindari obesitas. Berikut di bawah ini tips-tips untuk menghindari obesitas pada anak-anak.

Perkenalkan Olahraga Sejak Dini
Sangatlah penting memberikan pengertian akan olahraga dan pentingnya rutinitas berolahraga tiap hari agar anak terbiasa melatih kebugaran sejak dini. Kegiatan ini sangat baik, di mana dengan olahraga dapat menyeimbangkan berbagai hormon dalam tubuh sehingga pertumbuhan menjadi seimbang dan anak akan terhindar dari obesitas.

Perhatikan Pola Makan
Anak-anak akan menyukai makanan siap saji yang banyak dijual dipasaran dengan berbagai tawaran yang menarik, inilah awal terbentuknya obesitas yang disebabkan karena pola makan yang tidak terkontrol dengan baik. Makanan yang banyak beredar dan disukai anak biasanya banyak mengandung bahan pengawet, minuman bersoda dan makanan siap saji. Orang tua haruslah selalu memperhatikan dan memberihan arahan yang betul untuk menghindari si buah hati dari makanan yang berpengawet, junk food, dan fast food, sarankan untuk lebih menyukai buah dan sayuran.

Pola Gaya Hidup Anak
Kenapa gaya hidup bisa juga berpengaruh terhadap obesitas anak, karena anak-anak jaman sekarang cenderung lebih suka bermain game dan nonton TV, nah hal ini merupakan faktor yang mendukung obesitas terhadap anak berjalan lancar dan berat badan cepat meningkat, karena aktivitas tersebut jauh dari megerakkan badan. Sangat disarankan orangtua untuk memberikan arahan permainan jaman dahulu meskipun bisa dibilang sudah tidak jamannnya namun permainan-permainan itu sangat banyak mengunakan gerak, misal petak umpet, kucing dan tikus, dan masih banyak lagi permainan dahulu yang mengunakan gerak.

Usahan Untuk Selalu Berkumpul
Dalam hal ini yang dimaksud adalah dengan adanya misal makan malam bersama atau nonton Tv besama akan lebih mempermudah orangtua untuk memberikan arahan tentang bahaya obesitas.

Menu diet
Jika anak Anda sudah terkena obesitas konsultasikan ke ahli gizi karena diet yang akan dilakukan terhadap putra-putri Anda sangatlah berbeda dengan pola diet orangtua.
Share This :