Iklan

Manfaat dan Mengenal Bunga Merah Rosella Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat dan Mengenal Bunga Merah Rosella  Untuk Kesehatan Tubuh Kita
bunga rosella

Bunga Rosella adalah bunga yang indah dan mudah untuk ditanam dengan cara menggunakan biji yang kering kemudian disemai, namun dibalik keindahannya pula bunga ini bisa untuk dunia  kesehatan, di mana dari bunga serta daunnya bisa berkhasiat menyembuhkan serta mencegah beberapa penyakit diantaranya kanker, radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar. Pohon ini mudah dikembangbiakkan dari biji atau benih, pohon ini bisa mencapai ketinggian 3-5 meter, serta berbunga hampir sepanjang tahun. Bunga Rosella berwarna merah cerah, kelopak bunga atau kaliksnya berwarna gelap dan lebih tebal jika dibandingkan denagn bunga sepatu. Pada bagian kelopak bunga rosella terutama yang tebal bisa diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirup, teh, selai dan beberapa minuman. Kelopak bunga tebal Rosella merah mengandung:
     - Vitamin A
     - Vitamin C
     - Asam amino
     - Protein
     - Kalsium
     - Arginin dan legnin ( untuk proses peremajaan sel kulit )

bungga rosella
Dari sebuah penelitian pula bahwa bunga Rosella terbukti mempunyai efek anti-hipertensi, kram otot dan infeksi-bakteri, juga bisa mengurangi efek alcohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi.

Daun muda Rosella bisa juga dimakan sebagi ulam atau salad. Sementara itu dibeberapa negara lain khususnya Afrika, biji Rosella dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. lain lagi di Sudan Rosella diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan

Tanaman ini juga sangat dipercaya untuk digunakan dalam pengobatan tradisional terutama penyakit-penyakit ringan diantaranya: batuk, lesu, demam, gusi berdarah.
   

Jadi bisa disimpulkan ada 9 manfaat dari kelopak bunga Rosella untuk membantu dalam dunia kesehatan yaitu:
1. Dapat mengurangi kepekatan/kekentalan darah.
2. Membantu proses pencernaan.
3. Mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal.
4. Penyaring racun pada tubuh.
5. Mencegah kekuranagn Vitamin C
6. Melancarkan peredaran darah.
7. Melancarkan buang air besar.
8. Menurunkan kadar penyerapan alkohol
9. Penahan kekejangan.

Dan ada 12 penyakit yang bisa diobati dari bunga rosella:
1.   Tekanan darah tinggi (hipertensi)
2.   Batu ginjal
3.   Batuk
4.   Lemah syahwat
5.   Lesu
6.   Demam
7.   Tekanan perasaan
8.   Gusi berdarah
9.   Penyakit kulit
10. Gigitan serangga
11. Luka
12. Kurang darah

Share This :