Iklan

Pisang Untuk Melawan Kekurangan Vitamin A

Pisang Untuk Melawan Kekurangan Vitamin A
Rekayasa Genetika Pisang Dalam Melawan Kekurangan Vitamin A

Sebuah uji coba pada manusia di Amerika Serikat yang penelitian sendiri di Australia menghasilkan dengan menghadirkan pisang yang mampu untuk melawan kekurangan vitamin A. Buah pisang ini ditanam di Queensland yang pada akhirnya akan di pasarkan di Afrika. Kenapa di pasarkan di Afrika khususnya Afrika Timur, karena bertujuan untuk mencegah ribuan anak-anak di sana yang banyak kehilangan indera pengelihatan atau buta disebabakan kekurangan vitamin A. Dari hasil penelitian itu berhasil merekayasa buah pisang yang dapat meningkatkan jumlah betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Profesor James Dale dari Pusat Tanaman Tropis dan Komoditas Biologis Universitas Teknologi Queensland yang akan memimpin proyek ini dengan bantuan dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, dalam proyek penelitian ini sudah menghabiskan kurang lebih $12 juta, yang di dalamnya Dale mengatakan bahwa ada banyak strategi untuk mengurangi kekurangan vitamin A namun masih ada populasi yang resitan di dunia.

Jangkauan proyek ini adalah kelompok penduduk yang termiskin dari yang miskin dan mungkin cara yang paling terbaik untuk menjangkau mereka adalah melalui makanan pokok mereka. Penelitian ini ditujukan buat anak-anak di Uganda bahwa 30 persen dari anak usia balita secara klinis kekurangan vitamin A, di mana anak-anak berusia nol sampai lima tahun yang kekurangan vitamin A kemungkinan besar tidak mampu bertahan hidup, dan beberapa dari mereka mengalami komplikasi yang menyebabkan kebutaan, sangat mengerikan maka tercetuslah bagaimana menanggulangi kekurangan vitamin A dengan buah pisang. Kenapa mengacu pada buah pisang, karena penduduk Uganda menjadikan buah pisang sebagai bahan pokok dari makanan, bahkan makanan yang disajikan jika tidak ada pisang maka tidak akan disebut makanan, dinyatakan pula bahwa pisang dengan kandungan betakerotin ini siap dikeluarkan, yang dampaknya akan sangat signifikan karena pisang merupakan tanaman besar.

Di dalam penelitian sudah diketahui kadar beta-karoten di dalam pisang matang ini sangat tinggi sehingga hasilnya benar-benar yang terbaik, dengan cara menggunakan gendari pisang yang mengalami peningkatan kadar pro-vitamin A dan hanya menempatkan mereka ke dalam pisang yang ada tanpa mengubah pisang dari bentuk aslinya. Penelitin ini juga menunjukan pisang yang berwarna kuning terutama dalam daging buahnya, yang akan memberikan peningkatan kadar vitamin A. Sangat diharapkan penelitian segera menghasilkan dan akhir tahun ini sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga ribuan anak di dunia tidak di Afrika saja bisa terselamatkan dari kekurangan vitamin A.
Share This :