Iklan

Cara Merawat Mobil Klasik Antik Agar Tetap Menarik

Cara Merawat Mobil Klasik Antik Agar Tetap Menarik
Tips  Merawat  Mobil  Klasik

mobil klasik
Mobil klasik adalah mobil kuno yang serba antik, dan sudah tidak diproduksi lagi, bahkan suku cadangnya pun sudah tidak ada, tapi mobil yang satu ini banyak diburu para orang khususnya jutawan yang berduit, karena apa selain hobi buat mereka harganya juga tidak main-main, lebih mahal atau dengan kata lain harus mengeluarkan bugdet yang banyak untuk hobi yang satu ini. Para pengemar mobil klasik tersebar diseluruh penjuru dunia, bahkan mereka punya komunitas tersendiri. Mengkoleksi mobil klasik sebenarnya tidak ada ruginya, selain bisa menyalurkan hobi juga bisa mendatangkan investasi, di mana harga mobil klasik selalu melambung tingggi seiring berjalannya waktu, semakin kuno atau semakin tua harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Untuk bisa mendapatkan harga yang selalu tinggi pada barang investasi tersebut harus bisa bagaimana mempertahankan kondisi barang pada kondisi yang tetap sempurna, Anda harus punya cara atau tips merawat mobil klasik, berikut ada tips sederhana tapi bermanfaat sekali. Ada tiga trik sederhana yang bisa diterapkan pada mobil klasik Anda:

Interior Mobil
Merawat bagian mobil ini sebenarnya terbilang mudah di mana posisi ini ada di bagian dalam mobil yang tertutup oleh tubuh mobil yang membuat tidak mudah kotor dibandingkan dengan bagian lainnya. Yang harus dilakukan adalah membersihkan seluruh sisi bagian ini tanpa meninggalkan kotoran sedikitpun, lap bagian dashboard, kaca bagian dalam dan beberapa bagian keci-kecil di dalam mobil dengan bersih. Sedot debu pada kursi mobil, terutama sela-sela yang sempit pada jok mobil. Jika perlu gunakan cairan-cairan khusus yang sudah banyak di pasaran pada beberapa bagian yang terbuat dari kulit, dan logam khusus. Jaga selalu bagian dalam mobil dari sampah berserakan.
Eksterior Mobil
Dalam bagian eksterior mobil dibutuhkan sedikit ketelatenan, apalagi dalam mempertahankan cat mobil yang masih asli atau orisinal, karena cat mobil sangat menentukan harga mobil  dan nilai mobil akan semakin melambung. Yang harus dibersihkan atau dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian eksterior, tidak hanya bagian atas, samping mobil, tapi juga bagian bawah mobil yang tidak kelihatan, kenapa bagian bawah juga harus dirawat, supaya bagaian ini tidak keropos oleh air dan kotoran yang menempel. Setelah seluruh bagian eksterior bersih, bisa dilanjutkan dengan memoles agar cat lebih terlihat cerah, meski mobil klasik jarang dipakai dan digunakan juga tidak terlihat kotor, usahakan untuk membersihkan tahap ini minimal 2 bulan sekali, atau bisa sebulan sekali jika sering digunakana agar tubuh mobil klasik Anda terjaga dengan baik.
Bagian Mesin
Untuk perawatan bagian ini yaitu mesin sangat dibutuhkan sedikit tenaga ekstra jika bagian ini jarang atau bahkan belum pernah dibersihkan. Pertama kali yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian mesin dari ceceran oli atau grease yang bisa hinggap bagian mesin. Yang harus dilakukan membersihkan dengan menggunakan air sabun, namun harus hati-hati jangan sampai part kelistrikan terkena air dan menyebabkan konslet. Jika semua bagian mesin sudah bersih, tingkat selanjutnya adalah mengecek kondisi oli agar tetap ada dan melumasi seluruh bagian dalam mesin, agar mesin terus bisa bekerja dengan normal. Meskipun jarang dipakai usahakan untuk selalu memanasi mobil, dan jika ada waktu luang usahakan untuk menjalankan mobil paling tidak seminggu sekali agar seluruh part yang bergerak pada mobil Anda bisa berfungsi sesuai kinerjanya.

Share This :