Iklan

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Jam Tangan Pintar/SmartWatch

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Jam Tangan Pintar/SmartWatch
jam tangan pintar


Perkembangan 
 Jam  Tangan  Pintar





Teknologi sudah tidak diragukan lagi, berkembang dengan pesat, dan kita sebagai penikmat sangat mensyukuri akan apa yang diciptakan para otak jenius. Dengan perkembangan ini pula kita dipermudahkan dalam segala hal, contohnya saja jam tangan/SmartWatch, selain bisa membuat penampilan semakin sempurna, kita juga sekarang bisa menikmati jam tangan pintar tidak sekedar penunjuk waktu saja, sudah banyak aplikasi diciptakan di sana. Tetapi bagaimana sekarang bisa menikmati jam tangan yang sudah canggih ini, sebenarnya jam tangan pintar sudah ada sejak lama, berikut di bawah ini sejarah dan perkemabngan teknologi jam tangan pintar.

Tahun 1984
Pada tahun ini pertama kali jam tangan pintar dirilis oleh perusahaan Jepang, Seiko yang menciptakan jam tangan RC-1000 Wrist Terminal. Jam tangan tersebut dapat terhubung dengan personal computer pada saat itu, termasuk Apple, NEC, IBM, Commodore, dan Banyak lagi. Selanjutnya dengan merek gabungan, meluncurkan Seiko Epson yang memiliki spesifikasi mikroprofesor SMC84C00 8-bit, ROM 8KB dan RAM 2KB.

Tahun 2000
Di tahun 2000 tercipta jam tangan pintar pertama yang bersistem linux yang dibuat oleh Steve Mann pencipta sekaligus mendesainnya. Meskipun diperkenalkan pada tahun 2000, dia telah melakukan riset sejak tahun 1998. Pada tahun yang sama IBM meluncurkan pula jam tangan berbasis Linux 2.2 dengan spesifikasi memori 8 MB dan dilengkapi akselerometer, sensor sidik jari, dan vibrating mechanism.

Tahun 2003
Perusahaan yang berbasis di Amerika, Fossil, Inc, meluncurkan Wrist PDA. Jam tangan pintar yang bersistem operasi Palm OS 4.1.2 dengan prosesor Motorola Dragonball Super VZ 66 MHz, RAM 8 MB, dan memori 4 MB. Wrist PDA sudah mendukung layar sentuh dengan resolusi 160 x 160. Sementara untuk koneksi, perangkap ini telah dilengkapi USB dan Inframerah.

Tahun 2004
Cuma selang setahun berselang, Microsoft mengeluarkan jam tangan SPOT (Smart Personal Objec Techonologi). Jam tangan berlayar monokron 90 x 126 pixel ini diluncurkan untuk mendukung pengoperasian perangkat rumah tangga dan mobile yang digunakan sehari-hari.

Tahun 2013
Tahun ini bisa dikatakan sebagai tahunnya jam pintar. Kenapa begitu karena dengan alasan, smartwatch tampil lebih kecil dan murah. Selain itu, pemakaian telefon pintar secara tidak langsung mendukung kehadiran smartwatch sebagai pendukung. Pada tahun ini tepatnya bulan Juli, tercatat lebih dari 10 perusahaan mengembangkan jam tangan pintar, baik secara mandiri maupun bekerja sama. Mereka antara lain Acer, Apple, Blackberry, Foxconn/Hon Hai, Google, LG, Microsoft, Qualcomm, Samsung, Sony, dan Toshiba. Belum lagi HP, HTC, Lenovo, dan Nokia. Mereka berusaha memecahkan permasalahan tentang ukuran, baterai, dan display.

Tahun 2014
Tahun ini adalah ajang para Consumer Electrics Show, banyak diluncurkan beberapa varian jam tangan pintar. Apalagi pada bulan Juli, Google mengeluarkan platform Android Wear yang mendukung sinkronisasi dengan perangkat lain yang berbasis Androit. Belum lagi perusahaan raksasa Apple yang meluncurkan iWatch.


 
Share This :