Iklan

5 Tips Aman Memilih Ikan Asin Berkualitas Bebas Formalin

5 Tips Aman Memilih Ikan Asin Berkualitas Bebas Formalin
ikan asin
Ikan asin adalah makanan yang sangat merakyat, tetapi bukan berarti makanan kelas rendahan, kaum menengah ke atas juga menyukainya yang membedakan hanya cara pengolahannya. Bahkan ikan asin tidak hanya dijual di pasar tradisional saja, di supermarket pun bisa dijumpai dengan kemasan yang lebih menarik. Tapi tahukah Anda sekarang banyak produsen ikan asin yang sudah berfikir ke bisnis dengan tidak memperhatikan kualitas serta kesehatan konsumen, yang penting bentuk ikan menarik dalam kemasan dengan daya tarik yang membuat konsumen untuk membelinya. Padahal produsen ikan asin sudah banyak mencampur ikan dengan beberapa bahan pengawet atau formalin, maka dari itu Anda sebagai konsumen harus waspada. Nah di bawah ini ada beberapa tips memilih ikan asin berkualitas bebas bahan formalin.

Aroma Ikan Asin
Jangan Anda kira ikan asin yang beraroma tidak sedap itu sudah basi, memang ada kalanya begitu. Namun alangkah baik pilihlah ikan asin dengan aroma yang cenderung kurang sedap, ini untuk memungkinkan atau kita mengetahui bahwa ikan asin diberi pengawet atau tidak. Ikan asin yang sudah diberi pengawet atau formalin aroma/bau tidak sedap itu tidak ada atau bahkan ikan asin tidak memiliki aroma sama sekali.

Bentuk Daging Ikan Asin
Ikan asin yang sudah ditambahkan formalin akan berasa keras atau alot, jika disentuh juga tidak pudar. Berbeda dengan yang asli jika disentuh mudah pudar dan rentan hancur.

Warna Ikan
Pilihlah ikan asin yang berwarna sedikit kecokelatan, jika berwarna putih itu menandakan ikan asin sudah dikasih pewarna putih.

Ketahanan Ikan Asin
Perhatikan jika ikan asin disimpan dalam waktu 1 bulan dalam lemari pendingin atau tempat yang bersuhu, ikan asin tersebut belum membusuk berarti ikan asin itu sudah diberi formalin.

Perhatikan lalat
Hal sepele ini jangan dilewatkan, jika lalat engan menghingapi ikan asin berarti ikan asin itu ada bahan pengawetnya karena lalat mempunyai sensor yang sangat peka. Namun bukan berarti yang asli itu jorok karena lalat mau mendekati, bau atau aroma ikana sin yang asli sangat mengundang indra penciuman lalat.
Share This :