Iklan

6 Jenis Makanan Yang Bermasalah Jika Dipanaskan Ulang

6 Jenis Makanan Yang Bermasalah Jika Dipanaskan Ulang
Mengapa ini harus diketahui oleh para ibu-ibu sekalian, karena kegiatan ini merupakan rutinitas tiap hari bagi ibu, yaitu menghangatkan makanan yang tersisa. Hal ini mungkin sudah biasa dan sangat wajar, akan tetapi dari dampak yang telah dilakukan para ibu tidak memikirkan akibat yang akan tejadi, ternyata tanpa disadari mengkonsumsi makanan yang sudah lama disimpan dan menghangatkan kembali sangat tidak dianjurkan untuk beberapa masakan. Dikarenakan komposisi makanan setelah dipanaskan ulang akan hilang kandungan gizinya, dan bahkan bisa menjadi beracun. Di bawah ini makanan yang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali.

Telur
Masakan telur yang dihangatkan sangat beresiko tinggi jika dipanaskan ulang, telur akan menjadi sangat beracun. Jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang. dalam hal ini terutama telur yang dimasak dengan cara direbus dalam kondisi bulat serta bagian kuning tetap ada di dalam.

Bayam
Bayam merupakan makanan yang mengandung banyak nitrat, jika dipanaskan berulangkali kandungan nitrat akan berubah menjadi nitrit, nitrit berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh manusia, sangat dianjurkan untuk memakan masakan dalam kondisi segar.

Kentang
Kentang adalah makanan yang sangat bergizi, yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang karena kandungan gizinya akan hilang, dan perlu diketahui jika dipanaskan ulang akan menjadi beracun.

Ayam
Masakan ayam jika dipanaskan berulang akan berubah komposisi proteinnya. Oleh karena itu, jika ingin menghangatkan kembali tidak dianjurkan memanaskan ulang pada suhu tinggi, cukup dengan api kecil dengan waktu singkat hingga masakan terasa cukup hangat.

Jamur
Mengolah masakan berbahan jamur sangat dianjurkan untuk segera disantap dengan segera ketika sudah selesai dimasak. Namun jika masakan jamur masih tersisa dianjurkan untuk dimakan dalam kondisi dingin, jangan dipanaskan ulang. Jika dipanaskan ulang, akan ada perubahan dalam komposisi proteinnya, dan bahkan akan berubah rasa. Akibat ini menyebabkan berbagai masalah pencernaan, dan kehingan akan manfaat gizi yang terkandung dalam jamur.

Seledri
Bahan masakan ini biasanya digunakan dalam masakan sup, seledri juga mengandung nitrat yang akan berubah jadi nitrit seperti pada bayam. Dianjurkan jika ingin memanaskan ulang sayur sup sangat dianjurkan untuk membuang daun seledri terlebih dahulu.
Share This :