Iklan

5 Manfaat dan Khasiat Bunga Melati Putih Untuk Kesehatan

5 Manfaat dan Khasiat Bunga Melati Putih Untuk Kesehatan
bunga melati
Bunga melati banyak tumbuh disekitar Kita dengan baunya yang harum, dibalik keharuman dan bunga-bunga kecilnya yang indah ternyata mengandung banyak khasiat dan kegunaanya untuk kesehatan. Tahukan Anda di dalam bunga melati tenyata mengandung senyawa kimia antara lain, indol, benzyl, dan livalylacetaat. Bagian yang digunakan adalah bunga dan daunnya. Berikut manfaat bunga melati dan cara penggunaan dalam pengobatan.

Sakit Mata
Jika Anda sedang mengalami sakit mata, iritasi atau bahkan belekan, tak perlu kuatir cobalah dengan cara menggunakan daun bunga melati sebelum Anda menggunakan obat lainnya. 
Caranya:
Ambil satu genggam daun melati, kemudian ditumbuk halus. Setelah menjadi tumbukan halus, tempelkan pada dahi yang lurus dengan mata, jika sudah kering ganti dengan yang baru, lakukan berulang-ulang.

Sesak Nafas
Sesak nafas bisa diderita siapa saja dengan gejala yang tiba-tiba, sebelum Anda meminum obat alangkah baiknya Anda mencoba ramuan tradisional ini.
Caranya:
Ambil 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati tersebut disaring. Minum airnya dua kali  sehari tiap pagi dan sore.

Disengat Lebah atau Serangga
Hal ini kadang tiba-tiba saja terjadi, disengat lebah atau serangga tak perlu panik. Cobalah resep tradisional ini.
Caranya:
Ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.

Demam dan Sakit Kepala
Jika salah satu keluarga Anda ada yang mengalami deman disertai sakit kepala, ramuan ini akan meredakan apa yang diderita.
Caranya:
Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas dengan tangan. Setelah layu dan agak hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini digunakan untuk mengompres dahi. Cara ini juga beriringan untuk mengobati sakit kepala.

Menghentikan Asi Berlebihan
Kadang kondisi seperti ini diderita oleh ibu-ibu setelah melahirkan. Memang ASI yang lancar sangat bagus, namun jika berlebihan bahkan ketika si bayi sedang tidak minta ASI tetap keluar ini sangat akan menganggu dan merepotkan namun hal ini bisa diatasi dengan ramuan bunga melati.
Caranya:
Ambil satu genggam daun melati ditumbuk  halus, kemudian ditempelkan pada sekitar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.
Share This :