Iklan

4 Manfaat Buah Duku Yang Tersembunyi dan Jarang Diketahui

4 Manfaat Buah Duku Yang Tersembunyi dan Jarang Diketahui
Siapa yang tidak suka dengan buah duku, sangat dipastikan semua kalangan menyukainya. Tetapi kebanyakkan orang tidak begitu mengetahui akan apa yang terkandung di dalam buah duku. Ternyata buah duku banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu anatara lain:


Mengandung Serat Alami
Di dalam 100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat, di mana jumlah tersebut bisa memenuhi 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

Mengandung Antioksidan Alami
Buah duku adalah salah satu buah yang merupakan sumber antioksidan alami, buah ini mengandung polifenol, sejenis antioksidan alami. Di dalam sebuah penelitian "Food Chemistri" menemukan di dalam buah duku memiliki kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lain seperti pisang dan pepaya.

Mengandung Vitamin A
Buah duku kaya akan vitamin, yang paling utama vitamin A, B1-B2, dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karetenoid. Karoten yang terkandung dalam buah duku merupakan antiokasidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.

Mengandung Vitamin B
Di dalam buah duku juga mengandung vitamin B1 atau tiamin yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Sementara itu riboflavin atau vitamin B2 yang ditemukan dalam buah duku juga dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.
Share This :