Iklan

6 Bahaya Mendidik Anak Dengan Cara Dimanjakan

6 Bahaya Mendidik Anak Dengan Cara Dimanjakan
Untuk para orangtua hal ini kadang tidak disadari yang akhirnya akan memberikan efek buruk terhadap si buah hati. Karena sayang terhadap anak orangtua biasanya suka memanjakan anak, perlu diketahui hal ini boleh dilakukan, namun harus dipertimbangkan akan dampak perkembangan anak dikemudian hari, memanjakan tidak harus selalu seratus persen memanjakan, di dalamnya ada arahan dan didikan dari oarngtua yang terarah. Mendidik anak dengan cara dimanjakan akan menindas kemandirian anak, oleh karena itu para orangtua perlu hati-hati dalam memanjakan anak.

Tanpa disadari memanjakan anak secara berlebihan merupakan sebuah kesalahan besar yang menyebabkan akan rapuhnya jiwa anak. Anak yang terbiasa dalam asuhan "dimanja", akan tumbuh dan terbiasa hidup mewah, royal, bersuka ria, egois, dan hanya mementingkan diri sendiri. Dampak yang lain anak akan tumbuh dengan sifat penakut, rendah diri, menghilangkan keberanian, melemahkan rasa percaya diri serta mengarahkan anak pada penyimpangan-penyimpangan dan yang lebih fatal untuk melakukan pengasingan diri dari teman-temannya.

Dampak buruk jika orangtua mendidik anak dalam kemanjaan akan terlihat dalam kondisi anak sebagai berikut:
  1. Anak akan terus menerus minta perlindungan dan tidak mudah melepaskan diri dari orantuanya.
  2. Anak tidak mandiri dan tidak mau melakukan sesuatu kecuali bila mendapat bantuan orang lain. Ia mengalami keterlambatan kematangan.
  3. Anak memiliki sikap egois dan posesif(selalu ingin memiliki). Dan jika keinginannya tidak terpenuhi ia sangat mudah putus asa.
  4. Anak tidak memiliki kesadaran akan tanggungjawab dan tidak menghormati tanggungjawab.
  5. Anak kurang memiliki rasa percaya diri, tidak bisa membuat keputusan, merasa selalu gagal dan merasa selalu kalah dalam menghadapi lika-liku serta problematika kehidupan.
  6. Anak tumbuh menjadi orang yang acuh tak acuh dan tidak mengindahkan aturan.

Share This :