Iklan

Cara Mudah dan Alami Mengempukkan Daging

Cara Mudah dan Alami Mengempukkan Daging
Bagi para Bunda yang suka hidangan berbahan dasar daging terkadang mengginginkan daging yang empuk dan lembut pada serat dagingnya. Namun terkadang daging susah untuk menjadi lembut dan empuk. Terkadang memasak daging juga memerlukan waktu yang lama, cobalah Bunda tips di bawah ini dengan proses memasak hidangan berbahan dasar daging menjadi empuk dengan waktu yang relatif tidak lama.

Cara Memotong
Pertama yang harus dilakukan adala h dengan memperhatikan cara memotongnya dengan cara potong daging berlawanan arah dengan seratnya. Fungsinya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat dimasak, sehingga daging bisa jadi lebih empuk.

Pukul-pukul
Kedua cobalah dengan memukul-mukul daging yang biasanya sudah lazim dilakukan. Dengan bantuan alat pemukul daging, pukul-pukul kedua sisi daging sampai teksturnya jadi lebih empuk. Jangan lupa memakai talenan sebagai alas, agar daging tidak bergeser saat dipukul, dan jangan terlalu kencang memukulnya, agar sari daging tidak keluar.

Bungkus dengan Daun Pepaya
Mungkin cara ini sangat sederhana yang bisa mengempukkan daging dengan cara membungkus dengan memakai daun pepaya, selama kira-kira 30 menit, sebelum mulai dimasak. Kandungan zat papain dalam daun pepaya sejak dulu selalu berhasil mengempukkan daging.

Balur dengan Parutan Nanas
Cara sederhana yang lain selain menggunkan daun pepaya, buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit.

Oles dengan Remasan Buah Kiwi
Cara lain lagi dengan buah kiwi yang merupakan salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.

Tutup dengan Kulit Pisang
Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering dan tidak berubah cita rasanya.
Caranya ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupkan pada daging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.

Tambahkan Segenggam Beras
 Ini adalah cara mengempukkan daging jika hal-hal di atas tidak ada bisa mengempukkan daging dengan caras memanfaatkan beras. Memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging, berarti daging atau buntut sudah empuk.
Share This :